5 Makanan Sehat Ini Jadi Berbahaya Kalau Cara Konsumsinya Salah

1. Daging Sapi

Barbecue Rib Eye Steak or rump steak - Dry Aged Wagyu Entrecote Steak

Daging sapi merupakan makanan sehari-hari banyak orang. Biasanya daging sapi diolah jadi steak, BBQ, tumisan, sup, dan lainnya. Namun Anda perlu berhati-hati karena saat mengolah daging sapi harus memakai cara yang benar.

Apalagi saat mengolah daging sapi dengan cara dipanggang. Karena temperatur yang digunakan untuk mengolah daging tersebut dapat membuat protein yang terkandung berubah hingga memiliki efek berbahaya. Jadi Anda perlu memperhatikan dengan benar temperatur yang dipakai.

Saat menggunakan temperatur tidak terlalu tinggi akan mengurangi penumpukan karsinogen dalam makanan. Saat memarinasi daging juga perlu diperhatikan karena jika terlalu lama kandungan garam yang terkandung di dalam bumbu tersebut akan mengendap. Ditakutkan akan memberikan efek berbahaya bagi penderita hipertensi.

2. Madu

Barbecue Rib Eye Steak or rump steak - Dry Aged Wagyu Entrecote Steak

Sering dijadikan pemanis alami, namun banyak yang belum mengetahui kalau madu mengandung banyak racun. Jadi setelah dikumpulkan madu menjalani proses pasteurisasi untuk menghilangkan racun tersebut. Jadi jika mengonsumsi madu yang tanpa proses pasteurisasi ditakutkan akan membahayakan tubuh Anda.

Efek yang diberikan oleh madu tanpa proses pasteurisasi ini adalah menyebabkan buruknya kondisi kesehatan Anda. Gejalanya seperti sakit kepala, pusing, hingga muntah-muntah. Ada juga efek berbahaya madu dari pengolahan yang salah.

Salah satunya saat madu dicampurkan dengan air panas. Madu yang mengandung gula alami ini ketika diberi panas makan akan mengeluarkan zat kimia berbahaya. Zat itu mengandung karsinogen dan beracun untuk tubuh.

3. Kentang

Hasil gambar untuk kentang

Di dalam kentang terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, karena itu sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Kentang yang dapat mengenyangkan ini banyak dipilih oleh para pelaku diet.

Namun menyantap kentang ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Itu semua bisa terjadi jika kentang yang digunakan dalam penyimpanan yang salah. Kentang yang berwarna hijau atau yang mulai tumbuh kecambah juga dapat memberikan efek berbahaya untuk tubuh.

Jadi yang harus Anda perhatikan adalah penyimpanan kentang yang benar seperti menaruhnya di tempat yang gelap dan kering. Lalu jika sudah muncul kecambah lebih baik kentang tersebut dibuang. Karena jika Anda tetap mengonsumsinya akan menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah, sakit perut, hingga diare.

4. Susu

Hasil gambar untuk susu

Susu merupakan salah satu bahan makanan berbasis hewani yang memiliki kandungan protein tinggi. Susu biasanya dikonsumsi untuk meninggikan badan dan masalah kesehatan yang memerlukan asupan protein tinggi setiap harinya. Namun Anda harus mewaspadai efek berbahaya dari susu jika dikonsumsi dengan cara yang salah.

Anjuran minum susu memang sangat baik untuk tubuh, namun pada beberapa penelitian mengonsumsi susu yang terlalu banyak dapat membahayakan. Efeknya dapat membuat seseorang mengalami aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular.

Efek jangka panjang dari mengonsumsi terlalu banyak pun dikatakan dapat menyebabkan kanker ovarium pada wanita dan kanker prostat pada pria. Ini karena asupan kalsium yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak. Jadi lebih baik jangan mengonsumsi susu terlalu banyak dan sesuai anjuran saja.

5. Kerang

Hasil gambar untuk kerang

Satu lagi makanan sehat yang dapat berbahaya untuk tubuh yaitu kerang. Kerang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh karena mengandung sejumlah nutrisi baik. Seperti tinggi protein, asam lemak omega-3, magnesium, zat besi, hingga zat koper.

Hanya saja saat mengolah kerang juga perlu diperhatikan dengan benar, karena jika salah mengolahnya akan menyebabkan efek yang berbahaya untuk kesehatan. Jika kerang diolah terlalu matang atau masih mentah akan terkontaminasi zat-zat berbahaya untuk kesehatan.

Kerang juga jadi salah satu makanan yang sangat rumit untuk diolah. Karena saat mengolahnya salah, kerang tersebut akan menyebabkan infeksi bakteri dan keracunan. Kesegaran kerang juga perlu diperhatikan dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *